Monday 26 January 2009

Meng-overclock motherboard Asus P5GCMX /1333 dengan CPU e2180


Termasuk Kategori

by Novan D. Cahyono 4 comments

Saya kira sangat banyak pengguna mobo ini. Kalau ke toko computer penjual sering menawarkan produk ini. Banyak selebaran spek computer murah ,eh mengusung merek pabrikan asus yang satu ini. Penawaran murah layak disandingkan dengan cpu 2180. saya tidak akan membahas spesifikasinya, karena sudah ada lengkap di websitenya ASUS, sehingga anda tahu lebih jauh sebelum melamarnya.
Berchipset 945G yang bergrafis board GMA 950, yang mendukung memory RAM sampai 4 GB (memiliki 2 slot), mempunyai FSB asli 1066, tetapi angka 1333 merupakan hasil overclock pabrikan secara otomatis. Sedangkan Ram yang didukung adalah frek 667 Hz. Mobo mainstream ini agaknya tidak cocok untuk kalangan overclocker, tetapi bisa juga dengan memainkannya di bios. Tetapi jangan berharap mencapai angka 2,8 Gigs ke atas jika Ram berkualitas ecek-ecekan, HSF dan PSU low end.
Overclock tergantung dari jenis bios dan mobonya, dari mobo apakah sudah terdapat fitur overclock apa tidak. Kalau mobo ini cukup

1. masuk Bios (F1 /F2/ hit del)
2. advanced
3. jumper free configuration
4. AI overclocking pilih yang manual. Dari sini anda dapat menaikkan frekuensi terserah nilai imput tertinggi sampai 450( tetapi jarang tercapai).


Saya sudah coba mentok sekitar 2,68 Gigs (memory V-gen pc 5300)dengan dukungan dual channel tidak diaktifkan. Ini berarti CPU e2180 yang semula 2 Ghz menjadi 2,68 Ghz. Yah kenaikan tergantung dukungan peripheral lainnya yang tertancap di motherboard.

[x] bagaimana jika ngesetnya kelebihan ?
Jangan kuatir, kan dari bios kalau overclock gagal, failed, overvoltage akan di restart otomatis, gak akan terbakar kok, secara kamu pake bios bukan dari software.

[x] gimana jika tidak merestart ?
Reset manual saja di dekat tombol power casing.

[x] kalau gagal di reset, lalu bootingnya gak keluar gambar dan berbunyi solusinya ?
Ini permasalahan mungkin kesalahan mengeset nilai timings atau latensy memory RAM di bios, solusinya dengan reset cmos nya. Buka casing PC cari jumper (benda kecil dekat battery Cmos dipisahkan mempunyai 3 kaki/ pin. Yang digunakan hanya dua. Cabut lalu pasangkan lagi jumper itu. alat 2 pin tersebut merupakan saklar untuk menyambung arus buat menyimpan setting bios serta pengaturan tanggal di computer kita). Kalau mobo model baru mungkin sudah disertakan switch bios resetter di mobo.

Share this post:
|
Comments 4 comments
Bagaimana menurut kamu ? Subscribe to my feed


Linasolopoesie said...

CIAO!!
Complimenti per il blog
Ti auguro una felice primavere
e un saluto dalla mia ITALILA


LINA

Anonymous said...

Batas maksimak prosesor berapa kira2 kan?

Anonymous said...

batasnya sampai 2,7 GB saja

Used PC Supplier said...

Nice Blog Post !

Post a Comment

Saya Novan Dwi Cahyono , tidak akan sanggup untuk membuat negara menjadi bangkrut karena secara substansial aku tidak membayar dimuka untuk pengabdianku.


------------- Penyejuk Hati -----------
Pelayanan yang kita berikan kepada sesama itu sesungguhnya, sewa yang kita bayar untuk tempat di bumi ini. Jelaslah manusia itu menempuh perjalanan bahwa maksud dunia ini bukanlah untuk memiliki dan mendapatkan, melainkan untuk memberi dan melayani.

Program Baru

New Cool Tools !
Novs Creator (600Kb) , tools portable (tanpa install) multifungsi yang membuat computer system Windows bebas worm tanpa antivirus dan sejenisnya hanya dengan beberapa sentuhan. Membuat pengguna semakin pintar dengan Win@os, include : shell portable(command prompt), Autoruns, Rootkit Unhooker, Bobo Regedit. download , passwordnya : "infonovan" tanpa kutip, coba kehandalannya!

Subscribe feeds rss Berlangganan Artikel

Ketikkan E-mail Anda di sini untuk berlangganan artikel

Kategori Teknologi 2009 - 2010

Kategory

Subscribe Posting terakhir

Langganan komentar Komentar terbaru

Join in this Site


Berbincang