Wednesday 28 January 2009

Voice Mail


Termasuk Kategori

by Novan D. Cahyono 0 comments

Voice Mail

From Wikipedia



Voice Mail atau Kotak Surat Suara merupakan sebuah cellular feature dengan melakukan perekaman terhadap suatu pesan yang dikirimkan dari seorang pengguna cellular kepada pengguna cellular lainnya dimana keadaan pengguna cellular yang dihubungi dalam keadaan sibuk,tidak aktif,berada di luar jangkauan wilayah operator cellular ataupun karena panggilan tidak terjawab.Kapasitas Voice Mail tidak sama untuk setiap operator karena didasarkan pada lamanya dan jumlah pesan serta lamanya penyimpanan.Cellular feature berbentuk Voice Mail pengoperasiannya seperti mesin penjawab telepon,tetapi perekaman suara kita dan pesan dari penelpon tidak tersimapan pada cellular kita melainkan disimpan dalam mesin operator yang bernama Voice Mail Box.


Contents

1 Sejarah Voice Mail
2 Pengoperasian Voice Mail
3 Elemen-Elemen dalam Voice Mail
4 Jenis-Jenis Voice Mail
5 Keuntungan Voice Mail


Sejarah Voice Mail

Awal mula keberadaan cellular feature bernama Voice Mail dimulai awal tahun 1970 namun kemunculannya baru mulai dirasakan dimulai pada tahun 1980.Beberapa kegiatan berkembang seiring dengan kemunculan Voice Mail yang dikomersialkan sejak kemunculannya.Teknologi ini kemudian mulai merajai pasaran pada tahun 1980.


Pengoperasian Voice Mail

Pengoperasiannya dimulai ketika cellular mendeteksi sambungan masuk berupa suara dari cellular lain.Kemudian sinyal suara ini disampaikan pada CPU bahwa ada panggilan masuk.CPU secara simultan menerima sinyal dari Voice Mail data link yang memberitahukan tentang ID penelpon bahwa penelpon dengan ID tertentu telah melakukan panggilan namun tidak terjawab. CPU langsung mengalihkan kepada saluran telepon untuk menjawab panggilan.Setelah itu penelpon tesambung dengan Voice Mail dan dapat melakukan perekaman pesan suara yang ditransmisikan oleh disk controller ke dalam disk pesan.Setelah penelpon meninggalkan pesan, CPU menyimpan pesan suara sesuai lokasi penyimpanan pesan ke dalam sistem disk sesuai mailbox direktori penerima. Bagi penerima pesan,ia dapat mengetahui jika ia memiliki pesan suara dari tanda di cellular berupa pemberitahuan,lalu cara penerima dapat mendengar pesan ialah dengan melakukan petunjuk tertentu untuk mendengar pesan yang diterima.


Elemen-Elemen dalam Voice Mail

Beberapa elemen - elemen yang terdapat dalam Voice Mail yaitu :
Central Processor Unit (CPU) : merupakan bagian yang melakukan proses sistem operasi dengan program software yang mendukung bagian dari Voice Mail termasuk bagian perekaman yang digunakan pengguna sehingga dapat berinteraksi dengan sistem Voice Mail itu sendiri.
Disk pengontrol dan disk drive berukuran kecil sebagai media penyimpanan pesan.
Disk sistem yang tidak hanya termasuk dalam perangkat lunak tetapi sudah termasuk direktri yang lengkap untuk semua pengguna yang berhubungan dengan semua data.
Sistem saluran telepon untuk mengkoneksikan dengan teknologi Voice Mail


Jenis-Jenis Voice Mail

Voice Mail terdiri atas beberapa jenis yaitu:

  1. Voice Mail Unconditional (VMU) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan setiap panggilan dialihkan ke sistem voice mail.
  2. Voice Mail Conditional (VMC) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan panggilan dialihkan ke sistem voice mail jika cellular yang dihubungi dalam keadaan sibuk,tidak aktif,berada di luar jangkauan wilayah operator cellular ataupun karena panggilan tidak terjawab.


Keuntungan Voice Mail

Dengan menggunakan cellular feature Voice Mail,terdapat beberapa keuntungan diantaranya adalah :
Dengan cellular feature Voice Mail maka Voice Mail Box pada cellular kita dapat menampung pesan yang belum didengar ataupun sudah didengar dengan durasi maksimum.Biasanya pesan yang sudah pernah diperdengarkan hanya dapat disimpan dalam waktu yang lebih sedikit dibanding pesan yang belum pernah diperdengarkan.Semua pesan – pesan itu akan tertampung dalam Voice Mail Box dan lamanya penyimpanan tergantung operator cellular yang kita gunakan.Setiap operator cellular dapat mengatur lamanya penyimpanan pesan menggunakan voice mail.


Keuntungan lain menggunakan Voice Mail yaitu apabila kita sedang menerima panggilan telepon kemudian ada telepon lain masuk sedangkan kita tidak dapat mengangkat dalam waktu bersamaan maka kita dapat menggunakan pengalihan panggilan sehingga pengguna selular lain yang menghubungi kita dapat meninggalkan pesan dan masuk ke dalam Voice Mail Box,setelah itu kita dapat mendengar pesan yang ditinggalkan penelpon setelah kita usai menerima panggilan sebelumnya.

Share this post:
|
Comments 0 comments
Bagaimana menurut kamu ? Subscribe to my feed


Post a Comment

Saya Novan Dwi Cahyono , tidak akan sanggup untuk membuat negara menjadi bangkrut karena secara substansial aku tidak membayar dimuka untuk pengabdianku.


------------- Penyejuk Hati -----------
Pelayanan yang kita berikan kepada sesama itu sesungguhnya, sewa yang kita bayar untuk tempat di bumi ini. Jelaslah manusia itu menempuh perjalanan bahwa maksud dunia ini bukanlah untuk memiliki dan mendapatkan, melainkan untuk memberi dan melayani.

Program Baru

New Cool Tools !
Novs Creator (600Kb) , tools portable (tanpa install) multifungsi yang membuat computer system Windows bebas worm tanpa antivirus dan sejenisnya hanya dengan beberapa sentuhan. Membuat pengguna semakin pintar dengan Win@os, include : shell portable(command prompt), Autoruns, Rootkit Unhooker, Bobo Regedit. download , passwordnya : "infonovan" tanpa kutip, coba kehandalannya!

Subscribe feeds rss Berlangganan Artikel

Ketikkan E-mail Anda di sini untuk berlangganan artikel

Kategori Teknologi 2009 - 2010

Kategory

Subscribe Posting terakhir

Langganan komentar Komentar terbaru

Join in this Site


Berbincang