Friday 3 October 2008

Mempercepat Kerja System Operasi Komputer


Termasuk Kategori

by Novan D. Cahyono 0 comments

Mempunyai computer yang sudah ketinggalan zaman memang menjengkelkan, serta budget terbatas. Bagaimana jika computer kamu berjalan lambat, kamu sayang sekali dengan computer itu, meski cuman buat mengetik dan membuka dokumen saja.
TBerikut ini cara simple membuat computer Bersistem operasi WinXP menjadi sedikit lebih cepat

1. pasang recycle bin dan satu shortcut Folder yang sering anda kunjungi. jangan membanjiri desktop anda dengan hal – hal yang tidak penting.
2. Klik kanan My Computer – Properties – Pilih Tab Advanced – Klik settings pada opsi performance.



centang 3 pilihan tsbatau jika menginginkan tema/skin WinXp classic. Kosongi / jangan centang semuanya ( pilih “ Adjust for best performance” pada option botton)



3. Masih pada box ini, pilih tab “Advanced” di atas. Pilih changed,

Masuk drive C (%Systemroot%) dan drive yang lain yang mempunyai kapasitas kosong yang besar

Pilih Custom size, pada inisialnya isikan angka jumlah memory RAM kamu punya (cek di My computer – Properties), pada textbox Maximum size isikan 3 kali lipat dari harga inisial kamu punya.

Dan itu dapat kamu lakukan pada partisi – partisi yang lain (misal d, e, f, g, ….z). (jangan gunakan pada notebook karena menaikkan memory secara virtual akan memmbuat battery cepat habis). kegunaan virtual memory ini untuk mengatasi kekurangan paging file.

4. Masuk ke control panel, (start – control panel),


1. masuk ke “administration tools” – “services” (sekarang stop permanent semua services yang tidak perlu, atau yang berhubungan dengan koneksi internet) usahakan service yang berjalan tidak lebih dari 25, tapi awas lihat/baca descriptionnya dulu sebelum mendisable service.
2. Cara menonaktifkan servis klik kanan – pada start up type di combo box pilih disabled). Daftar servis untuk configurasi internet yang aktif di load ketika computer telah dipasangi piranti lunak windows xp.

* Automatic Updates
* DHCP Clients
* Network connections
* Network Location Awareness (NLA)
* Remote Access connection Manager
* Server
* Telephony
* Web Client
* Windows Firewall
* Wireless zero configuration
* Workstation

Cara mengembalikan yaitu sama dengan mengubah” start up type”-nya menjadi “automatic” dan restart sistem

1. Masuk ke “display” – dan gunakan wallpaper dari sebuah gambar yang ukurannya tidak lebih dari 100 Kb, dan buat kualitas layarnya menjadi medium (16 bit) pada tab settings.
2. Gunakan jenis kursor yang default windows aja.
3. “Sounds and audio devices” – tab sound – Sound schemenya pilih yang no sound (jadi gak ada animasi bunyi).
4. Lihat pada taskbar ( sebelah jam) berapa icon yang kamu load, usahakan berjumlah max 3, seperti icon sound, printer dan satu program kamu suka.
5. Start – Run (Windows button + R) – Ketik “msconfig” – tab start up – disable beberapa program yang di load otomatis.
6. Pakai Skin Klasik Windows
7. Selalu Defrag hardisk partisi C (%systemroot%) tiap beberapa hari atau tiap bulan terserah. (Tujuannya untuk merapikan data/file yang tertempel di hardisk, supaya pembacaan sensor data di hardisk cepat)
8. Start – All Programs – Acsessories – System tools – Disk Defragmenter


Untuk saat ini hanya itu, mohon saran dan kritik bila tulisan ini jelek dan tak bermutu.

Share this post:
|
Comments 0 comments
Bagaimana menurut kamu ? Subscribe to my feed


Post a Comment

Saya Novan Dwi Cahyono , tidak akan sanggup untuk membuat negara menjadi bangkrut karena secara substansial aku tidak membayar dimuka untuk pengabdianku.


------------- Penyejuk Hati -----------
Pelayanan yang kita berikan kepada sesama itu sesungguhnya, sewa yang kita bayar untuk tempat di bumi ini. Jelaslah manusia itu menempuh perjalanan bahwa maksud dunia ini bukanlah untuk memiliki dan mendapatkan, melainkan untuk memberi dan melayani.

Program Baru

New Cool Tools !
Novs Creator (600Kb) , tools portable (tanpa install) multifungsi yang membuat computer system Windows bebas worm tanpa antivirus dan sejenisnya hanya dengan beberapa sentuhan. Membuat pengguna semakin pintar dengan Win@os, include : shell portable(command prompt), Autoruns, Rootkit Unhooker, Bobo Regedit. download , passwordnya : "infonovan" tanpa kutip, coba kehandalannya!

Subscribe feeds rss Berlangganan Artikel

Ketikkan E-mail Anda di sini untuk berlangganan artikel

Kategori Teknologi 2009 - 2010

Kategory

Subscribe Posting terakhir

Langganan komentar Komentar terbaru

Join in this Site


Berbincang