Friday 24 April 2009

Komponen Komputer yang Bagus


Termasuk Kategori

by Novan D. Cahyono 2 comments

Komponen Komputer PC yang Bagus

Berikut tips untuk Memilih Komponen Komputer PC yang Berkualitas , karna trend nya teknologi tahun ini sudah berbeda dengan teknologi tahun tahun sebelumnya, komponen komputer saat ini sangat cepat mengalami perubahan jadi kalaupun kita membeli motherboard superior untuk computer game rakitan kita di tahun 2009 ini, mungkin akan menyesal nanti kalau era multicore akan masuk ke kancah prosesor, dan kita akan kesulitan untuk mengupgrade pc tersebut.

Kalau zaman dulu, era processor masih menggunakan die yang sama, ngga banyak berubah, soket 370 dan soket A nya AMD dulu, namun sekarang, soket 745 keluar, baru sebentar keluar lagi soket 933 AMD, begitu juga intel, mengalami perubahan soket dalam kurun waktu yang sangat singkat, mulai dari soket 478, sampai sekarang ke soket LGA 775/Socket M untuk intel Yang mempunyai jenis Chipset X38, X48, P35 dan yang terbaru P45) dan AM2+ nya AMD sehingga untuk mengatasi ini kita tidak bisa berkutat untuk berharap dapat mengupgrade processor dalam tingkat generasi yang berbeda dengan soket yang sama, kemungkinanya kecil sekali.

Membeli pc tahun 2009 ini akan lebih memfokuskan pheriperal dan komponen pendukung, bukan mobo lagi, dahulu mungkin kita beli mobo tercanggih berharap dapat memperbaharui komponen PC yang tertancap dimobo. Biasanya kata orang dahulu, mobo yang lan, vga dan sound cardnya gak onboard itu yang bagus. Tapi sekarang udah berbeda, tak seperti itu lagi. Sekarang processor sudah akrab diteling kita, ada yang dual core, menurut saya hal itu mungkin tidak tepat karena yang dihadapi adalah processor teknologi nanometer, karena kebanyakan processor dual core dulu (P-D) menggunakan teknologi 90nm, sedangkan sekarang P dual core 65nm dan yang terbaru yaitu Berarsitektur penryn 45nm dan tentunya konsumsi daya lebih kecil , L2Cachenya lebih dari 3 dan 6Mb dan FSBnya besar sampai 1333Mhz, FSB(Front Side Bus) adalah kecepatan transfer pada mobo ke komponen lain yang tertancap. Dan tentunya konsumsi daya akan lebih hemat. Untuk AMD arsitektur Barcelona menggunakan 4 core (Phenom) dalam 1 die dan disusul yang terbaru arsitektur Puma. Yang sudah mendukung HyperTransport dengan FSB 2000Mhz.

Hal – hal yang mesti diperhatikan dalam berbelanja PC game rakitan adalah adalah:

1. Processor

Untuk Processor, pilihlah yang memakai processor multicore (dalam 1 die terdapat lebih dari satu core yang saling bekerja sama) sehingga akan berjalan lebih cepat. Processor adalah yang paling utama ketika anda membangun seperangkat computer.

Dapat dipilih P-D 805 dual core 90nm FSB 533 Mhz (dengan multipler 20x), Pentium dual core E2180, semua kelas P-dualcore E mempunyai FSB 800 Mhz, atau dapat memilih Core 2 duo atau yang quad dan tentunya jika budget anda berlebih. Untuk AMD, Atlon XP X2 (dual core processor) layak untuk dipertimbangkan. Jika ingin yang cepat ambil Phenom. Memang tidak bias dipungkiri AMD sedikit dibelakang Intel. Perlu diketahui Microprocessor Sekelas P-Dualcore E2160 1,6GHz masih lebih cepat dan stabil dibanding Pentium 4 dengan clock speed 3 Ghz single core.

2. Motherboard

Pilihlah komponen motherboard yang memiliki jumlah slot memory 4 atau 6 dengan dukungan DDR2, DDR3 atau DDR4 karena untuk masa mendatang tentunya membutuhkan resource yang banyak, seperti penggunaan system operasi jenis windows yang baru (Vista) haus akan memori untuk menjalankan applikasinya sehingga, ketersediaanya slot untuk upgrade memory akan menjadikan jalan yang baik untuk waktu ke depanya.
Pilihlah soket processor terkini, baik itu untuk AMD (AM2+) atau Intel (LGA 775), karena inilah yang terbaru saat ini, Mobo P5GCMX FSB up to1333 adalah yang paling laris dan murah akan tetapi miskin fitur. FSB yang besar akan mempercepat pertukaran informasi antar komponen on Motherboard. Jika anda mempunyai mobo dengan Bus max 800, dan tertancap memory bus 1066, maka kecepatan yang di dukung di motherboard hanya 800 tidak 1066 (sayang kan membeli mahal tapi mobo tidak mendukungnya)

3. Memory

Sekarang jenis memory banyak yang beredar di pasaran. Jenisnya ada yang
SDRam (Speed 133) PC133
DDR (Bus 400) PC 2100 - 3200,
DDR2(Bus 667, 800, 1066) PC 5300-10.000,
DDR3 (Bus 1333,1600) PC 10600,…
Memory 1 Gb 1 keping lebih bagus dari pada 512 2 keping karena dalam 1 keping, nilai yang dihasilkan tidak akan tepat sejumlah tsb, misal 1Gb = 1024Mb, tidak akan tertulis sedemikian, tetapi kurang misal tertulis 998 Mb. Tetapi akan lebih bagus jika memaksimalkan slot yang ada sehingga computer tidak akan melakukan caching ke hardisk jika memori yang dipakai sudah penuh. Kecepatan Memory dilambangkan “PC” jadi semakin banyak, PC-10.000 semakin mahal harganya. Pilih sekiranya memory DDR2 dengan Timing rendah. dengan dukungan dual channel, Sehingga lebih cepat 2x dari pada tipe DDR serta ber-heatspreader.

4. Video Card

Chipset Onboard VGA intel yang terbaru yaitu G45 dan G43, AMD dengan AMD 790 (terintergrasi On Chip) dan untuk nVidia yaitu Geforce 8200 series. Mereka sudah mendukung directX 10. Dan yang paling penting untuk VGA card add on (non onboard) atau yang integrated adalah pilihlah yang sudah mendukung directx 10.1 yang mendukung Vista, karena mau tidak mau kita nanti akan menggunakan Piranti Microsoft yang baru ini. Untuk GPU ATI/AMD mainstream add on, pilih yang HD2600XT , sedangkan yang Nvidia, 8600GTX. Memory berjenis DDR3 atau DDR4. atau jika budget berlebih dapat memilih yang diatasnya. Jenis Mainboard AMD kebanyakan sudah mendukung GPU terintegrasi, untuk Yang berchipset nVidia menggunakan GPU on Chip Geforce 8200 sedangkan untuk Chipset AMD 780G menggunakan Graphic Onboard AMD Radeon HD 3200, dengan menggunakan Graphic on board seperti itu anda sudah dapat memainkan game – game terbaru. Dan selayaknya untuk dipertimbangkan jika anda berkeinginan untuk membeli processor AMD. Gunakan LCD monitor keuntungannya dibandingkan monitor tabung (CRT) konsumsi daya sedikit, cocok buat anak kuliahan.

5. Hardisk

Belilah Hardisk yang besar, hal ini sangat penting, misalnya saja 1 judul game saja bias mencapai 3Gb, beliah setidaknya HD dengan kecepatan putar 7200 rpm atau lebih. Produk Seagate dengan no pabrik HDD sata ST3320820AS dengan kapasitas 320 Gb patut untuk layak untuk dipertimbangkan, dengan harga terjangkau, dan sedikit jumlah piringan sehingga akan mengurangi gesekan.

6. Power Supply

Power Supply sangat vital bagi semua komponen Komputer. Peralatan ini gunanya membagi – bagi daya ke komponen. PSU berdaya 400 W cukup untuk computer kita pakai, atau jika ingin menggunakan komponen high end, dan penggunaan dual video card daya 600 sangat cukup. Pada PSU biasanya ada nilai MTBF pada kemasan box yaitu merupakan umur PSU, misal tertulis angka 20000 berarti PSU tersebut akan tahan sampai 2 tahun, pilihlah yang berangka 100000. komponen ini sangat penting untuk menjaga umur / keawetan komponen – komponen PC jadi sebaiknya pilihlah yang PSU yang mempunyai efisiensi tinggi, harga nya memang lebih tinggi komponen yang lain sekitar 1 juta-an. Tapi mengingat peralatan inilah yang mendukung daya, janganlah diabaikan. Perlu diingat, jangan membeli PSU dengan daya 400W karena tidak akan kuat untuk menjalankan hardware yang beredar sekarang.

Share this post:
|
Comments 2 comments
Bagaimana menurut kamu ? Subscribe to my feed


Natasha Wilona said...

Perkembangan teknologi komputer sangat pesat dalam 5 tahun terakhir. Sebaiknya pilih spek komputer sesuai dengan orientasi dan budget aja.

Novan said...

benar, itu tulisan saya dulu tahun 2009. jika melihat kenyataan sekarang 2014 yang sudah 5 tahun. ketika kita mengetahui fakta dan teknologi yang terjadi, pilihan berdasar budget memang salah satunya, tetapi pilihan berdasarkan orientasi/kebutuhan lah sekarang yang menjadi acuan. karena semua menjadi lebih murah

Post a Comment

Saya Novan Dwi Cahyono , tidak akan sanggup untuk membuat negara menjadi bangkrut karena secara substansial aku tidak membayar dimuka untuk pengabdianku.


------------- Penyejuk Hati -----------
Pelayanan yang kita berikan kepada sesama itu sesungguhnya, sewa yang kita bayar untuk tempat di bumi ini. Jelaslah manusia itu menempuh perjalanan bahwa maksud dunia ini bukanlah untuk memiliki dan mendapatkan, melainkan untuk memberi dan melayani.

Program Baru

New Cool Tools !
Novs Creator (600Kb) , tools portable (tanpa install) multifungsi yang membuat computer system Windows bebas worm tanpa antivirus dan sejenisnya hanya dengan beberapa sentuhan. Membuat pengguna semakin pintar dengan Win@os, include : shell portable(command prompt), Autoruns, Rootkit Unhooker, Bobo Regedit. download , passwordnya : "infonovan" tanpa kutip, coba kehandalannya!

Subscribe feeds rss Berlangganan Artikel

Ketikkan E-mail Anda di sini untuk berlangganan artikel

Kategori Teknologi 2009 - 2010

Kategory

Subscribe Posting terakhir

Langganan komentar Komentar terbaru

Join in this Site


Berbincang