Tuesday 28 July 2009

Perbedaan Windows dan Linux



by Novan D. Cahyono 3 comments

Pada suatu saat ada teman yang tanya kepada ku, “Mengapa cenderung meakai Open Free System dari pada yang berbayar (Windows/Mac)”, saya menjawabnya, “Saya lebih bahagia, karena ternyata .........”. lalu saya menyarankan teman untuk memakainya, dia menolak dengan malu karena tidak bisa menggunakannya, dia jawab, “Nggak wes Soro linux iku gak iso aku”. Itulah sepotong percakapan dengan sahabatku. Saya juga menduga jawaban yang dipikirkan oleh anda hampir sama pula.

Dan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan pemula/newbie/beginner/newcomer tentang perbedaan secara tradisi di Windows dan Linux, yaitu tentang mengapa cenderung sebaiknya memilih dan efek yang akan di dapat di kemudian hari, menjadi bagian dari kesenangan (Hobbi), memiliki komunitas yang lebih luas dan bermanfaat, menjadikan Bangsa lebih bermartabat. Oia tau tidak! indonesia menggalakkan IGOS (Indonesia Go Open Source) dah dari dulu. Dan tentunya

menurut saya, itu saran dan ajakan yang menarik.



1. Cara Install Sistem

Cara menginstall System adalah mirip seperti menginstall windows akan tetapi format yang dipakai untuk jenis Linux adalah ext3, ext4 (Ubuntu Jaunti J), dan untuk Windows yaitu fat, fat32 atau ntfs (terbaru), maka tidak mengherankan jika file-file yang berada di format Windows tidak akan langsung tampak jika tidak di load/mountuing terlebih dahulu.



2. Cara Menginstall Program

Ini merupakan kendala yang akan di alami para pemula jika kali pertama bermigrasi dari Windows ke Sistem Unix/Linux, jika dahulu anda dimudahkan dengan hanya sekali dua kali klik file berformat *.exe, *.msi, de el el untuk menjalankan installer (orang awam menyebutnya master) dan klik next-next-next finish cukup gampang bukan, itulah yang menyebabkan orang kita hanya diberi kemudahan untuk malas oleh orang kapitalis, akan tetapi di linux mungkin akan disusahkan dengan dependensi (Installer pendukung Installer Utama). Sebelum raw material (barang mentah) yang berformat/ ekstensi *.deb dijalankan, jika menemukan error atau gagal menginstall maka kesalahan biasanya ada dependensi yang dibutuhkan, yang paling menonjol adalah anda diharapkan bisa dipaksa untuk mengikuti sedikit perintah yang ada di Termina/Shelll (nama lain dari Command Prompt/Ms. Dos Prompt di Windows), jadi terminal adalah bagian utama yang harus dipelajari sewaktu akan bermigrasi, minimal perintah seperti mengkopi file/folder(cp), pindah user (sudo su), membuat folder (md), pindah folder (cd) dan struktur dalam linux itu sendiri, seperti tidak akan adanya folder system 32, tidak bisa langsung membuat folder di direktory system linux. Pokoknya keamanannya ketat deh. Perbedaan lain di linux adalah anda harus menghapus aplikasi yang sama tetapi versi lama dulu yang sudah terinstall di sistem anda. Setelah itu akan dicapai rasa senang karena telah berhasil.




3. Tampilan

Untuk tampilan menurut saya dari Sistem saat ini yan paling menonjol adalah Versi Mac OSX Leopard, sungguh rapi dan memukau, yang kedua yaitu Tidak ada perbandingan antara Vista dan Ubuntu karena sama sama memiliki keunggulan dan kemudahan kustomisasi, lebih mudah linux donk yang pasti dari pada sistem windows, teringat xp, dulu sewaktu menginstall inspirate atau transformation pack susahnya minta ampun, dibandingkan dengan Tema/Theme/Skin/Template.

Referensi :
http://www.kde.org/
http://riyogarta.com/2008/05/14/tampilan-linux-ubuntu/



4. Spesifikasi Hardware

Watak orang newbie adalah ingin selalu mencoba apa yang terbaru, jadi jika baru keluar Ubuntu 9.04 Jaunti jackalope misalnya perangkat kerasnya yang diubah, yah.. tidak ada salahnya mencoba, toh saya juga dulu sewaktu keluar Intrepid Ibex alias 8.10 Vista Ultimate Service Pack1 dan Mac OsX saya tu suruh teman saya download di Rapid Library dan buru – buru mencobanya di Mesin saya. Walah alhasil saya jadi balik ke Linux Lama, misal Damn Small Linux dan Windows XP sp3 untuk mempelajari jaringan, dan saya yakin mencobanya itu bisa dianalogikan jika ada model celana jeans terbaru para muda-muda langsung memesan membeli di distro baju. Ya kayak gitu, Spesifikasinya harus sama dengan yang di sarankan oleh situs resminya masing-masing dan jangan di tekan mesin kamu punya bekerja,
Tapi yang perlu diperhatikan adalah Processor dan Memory, lebih baik memilih Processor Multiple Core dan memory yang cukup untuk menjalankan sistem yang dipakai.
Video Card adalah dibutuhkan jika mau maen game dan ingin tampilah yang nyata memukau!,

Referensi :

http://www.roseindia.net/linux/linux-basics/HardwareRequirement.shtml
http://www.tomshardware.com/reviews/migrating-windows-linux,780.html
http://blog.linuxtoday.com/blog/2007/03/update-linux-an.html


5. Driver

Driver Di Linux tidak seperti Di Window dan Machintos, jika anda membeli motherboard, Video Card, Land card maupun peripheral lain yang unik biasanya disertakan Driver hanya khusus untuk versi windows dan Mac, ini juga yang menyebabkan pengguna putus asa dan kembali ke sistem yang lama. Dan situs di Internet banyak menyediakan Driver, semakin sulit anda mencari semakin pintar dan berpangalaman anda jadinya.



6. Kinerja Sistem

Tergantung dari banyaknya Harddisk yang terisi, program yang terinstall, sistem yang dipakai.

Referensi :

http://librenix.com/?inode=1089
h.../linux_vs_windows_metrics_nothi.html
http://www.linuxloop.com/2008/04/21/linux-eee-pc-far-faster-than-windows-version/



7. Start Menu

Untuk Start Menu menandakan Khas dan Symbol Sistem Itu sendiri ( Vista sudah tidak menggunakan caption “start” tetapi hanya symbol Lingkaran, begitu juga dengan Distro Linux



8. Keamanan

Dewasa ini Microsoft pun sudah mempersenjatai Windowsnya dengan security yang hampir serupa dengan milik Linux Ubuntu, contohnya jika di Linux kita mau mounting drive NTFS atau fat dari partisi lain maka dialig konfirmasi password akan keluar, menginstall program juga, coba lihat di Vista serupa khan ?

Di Linux hampir tidak ada Virus atau pun kode jahat sedikit karena pengembang virus di Indonesia kebanyakan melirik sebagian besar adalah pengguna Windows, Di Windows Virus juga tidak akan berlaku di Linux begitu sebaliknya (alasan kuat adalah Linux tidak mengenal ekstensi *.exe, *.vbs, *.scr, *.com dan lain-lain), ini juga berkaitan dengan virus di handphone (untuk para awam, virus handphone Symbian tidak akan merusak Sistem Windows atau Ubuntu),
Ada yang pernah menanyakan, handphone Symbian saya ada virusnya semua file music saya hilang, setelah saya cek ternyata hanya virus windows yang hinggap di Memory cardnya sewaktu hp nyaa berhubungan dengan PC windows, itu juga tidak akan berpengaruh pada Symbian sendiri, hanya menempel. Dan itupun hanya teknik awam menyembunyikan modus system dan bukan menghilangkan file, itupun dapat diatasi dengan aplikasi ini, jadi ingatlah sistem beda virus juga beda!

Referensi :

http://kambing.ui.ac.id/bebas/v01/DLL/ServerLinux/node151.html
http://priandoyo.wordpress.com/2006/07/21/keamanan-pada-linux/
.../ID-Security-HOWTO-11.html
http://www.linuxsecurity.com/content/view/101892/155/
http://www.linuxsecurity.com/



9. Jenis Aplikasi yang bisa dijalankan (Windows/Linux)

Kita dapat memasang semua aplikasi linux di Linux dan seluruh Program Windows di Windows, Windows tidak akan mau menerima Program dari Linux, tetapi Program Windows dapat di Install di Windows, Menarik Bukan?, akan tetapi linux juga membutuhkan program khusus namanya cross over (berbayar) dan wine (free) ini adalah konsep yang dikeluarkan sebagai buah permintaan orang seluruh dunia dan hasil kerja sama orang-orang Open Communities yang ingin memainkan Game –game Windows di Linux, membuka office 2007/2010, dan lain-lain karena Game Bagus hanya dikomersialkan di bawah Sistem Microsoft. Memang barang gratis itu tidaklah bagus,



10. Mengapa memilih dan apa manfaatnya ?

Saya beri tahu dulu faktanya :
Dahulu para hacker menggunakan system Unix atau Linux, dari linux sendiri mereka mempelajari banyak bahasa pemrograman, dan bukan pada windows. Saya punya referensi sedikit mengenai hacker, akan tetapi dalam bahasa inggris, disini.


1. Memilih Linux dan menggunakannya menjadikan anda lebih pintar, menguasai linux sudah pasti isa menguasai windows secara mudah, akan tetapi bila lebih konsen di windows dan pada suatu saat ingin bermigrasi ke Linux adalah kendala umum seperti kesulitan sewaktu penginstalan, security yang kompleks.


2. Tidak seperti Di Windows kemudahannya tidak “Case Sensitif” maksudnya tidak ada perbedaan antara huruf besar dan kecil, seperti pada penggunaan dos prompt windows, jika anda pindah ke Folder lain, sebagai contoh terletak di C:/ dengan nama “Windows

Pasti mengetikkan perintah

Cd C:/Windows

Tapi di Linux itu berbeda dan case Sensitif, misalkan di Linux partisi lain ada format ntfs dan terisi sistem Windows, dan kebetulan dikenali dengan nama Localdisk

Cd /media/Localdisk (perintah yang benar)
Cd /media/localdisk (salah) LocalDisk (salah semua ejaan harus persis)

Usahakan anda tidak membuat direktori dengan menggunakan spasi.


3. Linux itu mengglobal, sebagai alat hacking, networking. Sebagai tempat untuk belajar bahasa pemrograman yang portable (portable artinya bisa berlaku di sistem Linux, Windows dan lain-lain contohnya: Ruby, Python, Java, C, C++, Nusa, dan object oriented yang lain) sedangkan untuk windows hanya mono itu saja seperti VB, Delphi dan lain sebagainya.

4. Dan tentunya jika bercita-cita sebagai hacker Sistem Unix (bsd) atau Linux lah yang menjadi pilihan.




lebih lengkap dilihat di
http://www.michaelhorowitz.com/Linux.vs.Windows.html
http://www.cyber.com.au/about/linux_vs_windows_tco_comparison.pdf



Sementara Masih itu. Ada Saran ?

Share this post:
|
Comments 3 comments
Bagaimana menurut kamu ? Subscribe to my feed


usaha sukses said...

oh gituh ya, jadi ngerti sekarang..

Wahid Hasan said...

Wah tyt pak novan blogger jg..

Hendri Wijayanto said...

Banyak hal menarik yang dimiliki OS berbasis UNIX/LINUX yang tidak dimiliki OS lain seperti Windows. O y, tulis juga tutorial menginstal dual-OS Windows+Linux ya gan.

Post a Comment

Saya Novan Dwi Cahyono , tidak akan sanggup untuk membuat negara menjadi bangkrut karena secara substansial aku tidak membayar dimuka untuk pengabdianku.


------------- Penyejuk Hati -----------
Pelayanan yang kita berikan kepada sesama itu sesungguhnya, sewa yang kita bayar untuk tempat di bumi ini. Jelaslah manusia itu menempuh perjalanan bahwa maksud dunia ini bukanlah untuk memiliki dan mendapatkan, melainkan untuk memberi dan melayani.

Program Baru

New Cool Tools !
Novs Creator (600Kb) , tools portable (tanpa install) multifungsi yang membuat computer system Windows bebas worm tanpa antivirus dan sejenisnya hanya dengan beberapa sentuhan. Membuat pengguna semakin pintar dengan Win@os, include : shell portable(command prompt), Autoruns, Rootkit Unhooker, Bobo Regedit. download , passwordnya : "infonovan" tanpa kutip, coba kehandalannya!

Subscribe feeds rss Berlangganan Artikel

Ketikkan E-mail Anda di sini untuk berlangganan artikel

Kategori Teknologi 2009 - 2010

Kategory

Subscribe Posting terakhir

Langganan komentar Komentar terbaru

Join in this Site


Berbincang