Wednesday 29 July 2009

Teknik Menghapus Virus



by Novan D. Cahyono 2 comments

Biasakan Jangan Malas membaca Artikel panjang! , siapa tahu nanti menemukan Hal baru, artikel yang agak panjang ini merupakan pengalaman saya di dunia Windows. Yang sekarang dengan perlahan beralih ke dunia open source.
Untuk saat ini, saya berani bilang jangan terlalu mempermasalahkan Virus deh hari gini, apa lagi itu Windows.

Pake AV saja udah beres, Install Ulang aja deh, dan Format Windowsnya. Itu adalah jawaban ke-putus-asaan. Jangan di tanggapi dan jangan terlalu cepat bertindak. Untuk sekedar saran ni, saat aku jalan-jalan di beberapa tukang servisan yang ga jelas, asal tahu saja ya Mas, Pak, Dik, mereka menggunakan metode oprek gak karuan, Komputer dimatikan beberapa kali, dengan system hard reset berulang kali, memang bagi saya itu hal yang wajar. Tetapi bagaimana dengan kaum awam, pernahkah mereka melakukannya, ada rumor HDnya nanti menjadi “….”, Sekedar Informasi Juga, Install Ulang / Format Pada HDD berulang kali membuat HD rusak dan berkurang kapasitasnya, anggapan itu tidak benar, karena ada Hukum Kekekalan Massa. Itu tergantung jenis format apa yang dipakai, misal Ext3, ext4, fat, fat32, NTFS. Wah kejauhan Ni Topiknya. Ya teknik menghapus Virus membutuhkan pengetahuan Khusus, tapi untuk para awam saya akan memberikan singkat tentang pengalaman saya sendiri, sehingga tidak perlu pengetahuan khusus, waktu yang sangat lama, dan motode yang sulit untuk dicerna. Bagaimana menghapus Virus Jenis Trojan dan Worm (maksud saya Virus hanya menyebar dan merusak System dan Bukan Menginfeksinya (exe, office, dan lain-lain), singkat kata, tutorial ini akan memberi tahu bagaimana

memutus mata rantai penyebaran, mengetahui lokasi induknya, dan mengembalikan data yang disembunyikannya, serta tools yang dipakai untuk membantu menganalisa Virus.
Syarat Supaya gampang.

1.Memakai Tools tambahan (Download 5 macam Toolsnya Beberapa Cangkir Kopi hangat, dan Cokelat, Kerupuk, Biskuit, Camilan, renyah (Siapkan Dulu!)
2.Mengerti System registry ( wah jangan dihapalkan semua. Hehe Cukup di sini saja
Hkey_Current_User/HKEY_Local_Machine -software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-[“Policies” dan Di KEY berhubungan dengan “RUN”]
Dan kalau perlu di HKEY_Classes_Root –nya

3.Mengetahui ekstensi Virus (Formatnya)
4.Download aplikasinya)
5.Tidak Putus asa

Setelah menyeduh Kopi, siapkan sample virus yang mau diuji (Download Virus) Misalkan yang terbaru Yuyun (Virus-aneh, seperti nama tetangga saya yang sudah tua) Wakakahwahaha…….

Ciri-ciri nya kan Gini ya, menyebar dengan Format Thumb.db (mode system) untuk menampilkan download software ini dan Shortcutnya yang diarahkan ke file Utama yang beralamatkan di System32 (Target sebagian Besar umat Virus) atau setiap Folder. Untuk Menghapusnya dari flash disk hanya untuk pencegahan, saya sudah memposting tutorial menghapus semua macam Virus di Flash disk tetapi, pada saat mencari filenya, setelah di tampilkan kan menggunakan Fasilitas “Find Windows” pada “All OR Part Of The File Name”
Ketikkan

*.db *.Lnk *.exe *.vbs *.piff *.bat *.com *.scr

Maksudnya (gunakan hanya yang perlu saja dan ingat folder tidak mempunyai Ukuran dan ekstrensi) tanda dipisahkan oleh 1 spasi (*.*_*.*)

*.db untuk database file misal thumb.db (database)
*.Lnk untuk Shortcut (Link)
*.exe untuk application executable
*.vbs untuk vb script application
*.piff untuk file piff
*.bat untuk file bat
*.com untuk file com application
*.scr untuk screen saver

Biasanya yang menjadi target yaitu fasilitas :
regedit.exeatau regdt32.exe (registry editor), msconfig.exe (daftar running program), taskmgr.exe (Daftar process yang sedang berjalan), cmd.exe (dos command, windows terminal), gpedit.msc (windows Policy Object = pengaturan gampang alternatif registry), Run.exe, Find.exe. dan sebagainya [wah.. Kok tak sebutkan semuanya ya)

Di aplikasi ini sudah include alternatif penggantinya, misal :
boboregedit (pengganti regedit), unhooker (pengganti task manager), Terminal (pengganti cmd / shell) dan yang terakhir Autoruns (yang berhubungan dengan Semua System Operasi Windows).

Bersambung!!!

Share this post:
|
Comments 2 comments
Bagaimana menurut kamu ? Subscribe to my feed


Antoni Wijaya said...

wah,sangat membantu

Novan said...

terima kasih Antony

Post a Comment

Saya Novan Dwi Cahyono , tidak akan sanggup untuk membuat negara menjadi bangkrut karena secara substansial aku tidak membayar dimuka untuk pengabdianku.


------------- Penyejuk Hati -----------
Pelayanan yang kita berikan kepada sesama itu sesungguhnya, sewa yang kita bayar untuk tempat di bumi ini. Jelaslah manusia itu menempuh perjalanan bahwa maksud dunia ini bukanlah untuk memiliki dan mendapatkan, melainkan untuk memberi dan melayani.

Program Baru

New Cool Tools !
Novs Creator (600Kb) , tools portable (tanpa install) multifungsi yang membuat computer system Windows bebas worm tanpa antivirus dan sejenisnya hanya dengan beberapa sentuhan. Membuat pengguna semakin pintar dengan Win@os, include : shell portable(command prompt), Autoruns, Rootkit Unhooker, Bobo Regedit. download , passwordnya : "infonovan" tanpa kutip, coba kehandalannya!

Subscribe feeds rss Berlangganan Artikel

Ketikkan E-mail Anda di sini untuk berlangganan artikel

Kategori Teknologi 2009 - 2010

Kategory

Subscribe Posting terakhir

Langganan komentar Komentar terbaru

Join in this Site


Berbincang